Stori

Halo penduduk bumi!

Rina, itu nama saya. Terimakasih sudah berkunjung kemari. Di bawah ini stori tentang saya dan hal ihwal blog ini, kalau-kalau ada yang penasaran.

Pencarian

Tahun 2000 adalah pertama kalinya saya mengenal Google, yaitu saat kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, FIB UI. Sejak itu segala aktivitas pencarian semasa hidup saya tak jauh-jauh dari Google.com. Pencarian segala ilmu pengetahuan, lirik lagu, resep masakan, lowongan kerja sampai pencarian jati diri.

Dunia Pencarian (Search) terus berkembang. Kalau jaman dulu orang harus datang ke perpustakaan untuk mencari tau tentang kondisi sosial dan ekonomi suatu desa, misalnya, dan duduk berjam-jam di dekat rak buku yang berdebu. Tapi sekarang sudah tinggal ambil ponsel di manapun berada dan dengan mengetik beberapa kata atau ngobrol dengan Asisten Google, sudah ketemu apa yang dicari. Dan bahkan dengan teknologi terbaru seperti Google Discover, kita belum mencari pun, informasi itu datang sendiri kepada kita.

Pakar Produk Google

Merembet dari kecintaan akan mesin pencari Google, saya juga menjadi pemerhati produk-produk Google yang lain. Hingga pada akhir tahun 2015 saya bergabung di Program Pakar Produk Google (Google Product Experts Program) yang sebelumnya bernama Google Top Contributor Program.

Aktivitas di program ini adalah menjawab pertanyaan pengguna lain di forum-forum bantuan Google (Google Product Forums) dan membantu memecahkan permasalahan mereka saat menggunakan produk Google. Saya aktif berkontribusi di:

Webmaster PEs on Google TC Summit 2017
Webmaster PEs with John Mueller and Googlers (pic from here)
Google Product Experts Indonesia on Singapore TC Summit 2017
Google PEs Indonesia on Singapore TC Summit 2017

WordPress

Selain mesin pencari dan produk Google, hal yang menjadi perhatian saya adalah aktivitas menulis. Berdasarkan pengamatan, hasil pencarian berbahasa Inggris seringkali jauh lebih baik daripada hasil pencarian berbahasa Indonesia. Mengapa? Karena konten berbahasa Inggris lebih banyak ditemukan daripada yang bahasa Indonesia.

Jadi masa depan Pencarian di Indonesia sangat tergantung pada para pembuat konten berbahasa Indonesia. Para penerbit, pembuat video dan penulis blog. Untuk blog, saya menggunakan WordPress sejak tahun 2008 dan masih belum menemukan CMS yang setara. WordPress ini telah membangun jaringan komunitas yang kuat sehingga menghasilkan produk yang luar biasa.

Jadi kesimpulannya, blog ini akan membahas ketiga hal tersebut. Mesin pencari, produk Google dan WordPress. 

Selamat membaca. 

Nazrina

Leave a Reply